Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan ke-24
Hari / Tanggal: Rabu, 13 Mei 2020
Waktu:
Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri:
Dra. Rahmi Wilandari, M. Pd.
Topik:
Menulis di Media Cetak
Peresume:
Winarti, S. Pd.
Email:
winwinarti2401@gmail.com
AYO
MENULIS ARTIKEL ATAU PTK
Awal Bu Rahmi tertarik untuk menulis segala kejadian sehari-hari yang dialami beliau
tulis. Selayaknya menulis buku harian, jadi setiap ada peristiwa penting selalu
ditulis di buku harian tersebut. Contohnya,
pada saat berangkat kerja ada kejadian menarik, maka bgitu tiba di
sekolah langsung buka laptop, Apa yang dilihat kejadian itu langsung ditulis
garis besarnya. Setelah sampai dirumah
beliau buka lagi laptop untuk melanjutkan cerita yang tertunda siang hari.
Beliau merasa tidak pandai merangkai kata-kata untuk
menjadi sebuah kalimat fan menjadi sebuah paragraf yang enak untuk dibaca.. tetapi karena sudah
biasa menulis maka lama-kelamaan menjadi bagus, bagus kata-katanya dan bagus
kalimatnya.
Untuk menulis
itu ada bermacam-macam penulis:
- ada penulis cerpen,
- ada penulis novel,
- ada penulis cerita bersambung ( cerbung).
- ada juga penulis Ilmiah.
Kategori Penulis:
- Penulis fiksi dan non Fiksi
- Penulis artikel
- Penulis umum
- Penulis buku teks
Janganlah ragu
untuk memulai menulis dan jangan takut
tulisannya jelek, mulailah untuk berkarya. Aturlah waktu dengan sebaik mungkin
dan gunakan waktumu untuk berkarya yang bermanfaat bagi orang lain.
Contohnya bu
Rahmi setiap ada waktu luang selalu dihabiskan
untuk membaca di perpustakaan. Selain perpustakaannya adem, tenang untuk membaca dan bisa menginspirasi untuk
menulis. Dengan rajin membaca maka wawasan menjadi luas dan memperkaya
penguasaan kosa katanya. Hal-hal tersebut di atas sangat membantu untuk
kelancaran dan kesuksesan dalam menulis.
Penulisan KTI atau artikel dibutuhkan wawasan yang
luas, untuk itu sangat dibutuhkan rajin membaca baik buku cetakan atau e-book.
Pada dasarnya ada beragam penelitian yang
dapat dilakukan oleh guru, misalnya:
- penelitian deskriptif,
- penelitian eksperimen,
- penelitian tindakan kelas (PTK)
Di
antara jenis penelitian tersebut yang diutamakan dan disarankan adalah
penelitian tindakan kelas (Action Research).
PTK bukanlah sesuatu hal yang sulit dilakukan oleh seorang guru, semua
itu bisa diangkat dari permasalahan sehari-hari dimana kita mengajar dan untuk
menulis bukanlah menjadi hambatan bagi seorang guru. Semua tergantung pada
motivasi, keinginan, serta semangat dari diri
sendiri untuk mencoba memulai menulis, dan jangan ragu untuk memulai
menulis. Bagi guru PTK adalah harus bisa melaksanakan
dan sangat mudah karena dari kejadian
sehari-hari saat mengajar.
Langkah-langkah menyusun PTK:
- mengidentifikasi dan merumuskan masalah
- menganalisis masalah
- merumuskan hipotesis tindakan
- membuat rencana tindakan dan pemantauan
- melaksanakan tindakan dan mengamatinya
- mengolah dan menafsirkan data
- melaporkan.
Dalam penyusunan laporan PTK perlu mengikuti
garis besar sistematika yang umum digunakan. Untuk memudahkan menulis laporan,
terlebih dahulu harus dikembangkan format atau struktur laporan. Secara garis
besar, laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembukaan, bagian isi,
dan bagian penunjang. Bagian pembukaan terdiri atas halaman judul, halaman
pengesahan, dan abstrak. Bagian isi terdiri atas pendahuluan, prosedur, hasil
dan pembahasan, simpulan dan rekomendasi atau saran. Bagian penunjang terdiri
atas daftar pustaka, lampiran-lampiran yang perlu, dan lampiran instrumen
penelitian.
Contoh
Format Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK):
Halaman Judul
Halaman
Abstrak
(Bahasa Indonesia+Bahasa Inggris, maksimum
masing-masing 150 – 250 kata)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GRAFIK
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
Berikut
adalah penjelasan dari format laporan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK):
BAB I PENDAHULUAN
A. Masalah dan latar belakang masalah Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalahUraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitianUraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Manfaat penelitianUraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
A. Masalah dan latar belakang masalah Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalahUraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitianUraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Manfaat penelitianUraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II :
PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
A. Pembahasan : uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian
anda (Uraikan variabel X dan Y)
B. Kerangka
pikir : adalah sintaks dari
hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah
pernyataan
C. Hipotesis : berisi dugaan sementara calon peneliti terkait
variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
BAB III : PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A.
Setting PenelitianSebutkan lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan
penelitian (misal: Semester I, II,
bulan, tahun, dst.), dan karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek
penelitian, serta bentuk aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B.
Prosedur Penelitian1. Gambaran Umum Penelitian
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
Rincian Prosedur Penelitian:
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
Rincian Prosedur Penelitian:
a. Persiapan
Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik
untuk menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan
alat-alat berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait
dengan pelaksanaan tindakan di kelas
b.
Implementasi
Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
c.
Pemantauan
dan Evaluasi
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
d.
Analisis
dan Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
BAB IV: HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan.
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan.
BAB V : SIMPULAN
DAN SARAN
A. SimpulanSimpulkan hasil
penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang diteliti
B. Saran- saranAjukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.
B. Saran- saranAjukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Silabus
2.
Materi
Ajar
3.
RPP
4.
Media
Pembelajaran
5.
Nilai
dan daftar hadir siklus 1-3
6.
Lembar Pengamatan Aktivitas Guru
7.
Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
8.
Foto
kegiatan Penelitian
9.
Lampiran
lain-lain ( Undangan Seminar, Panitia Seminar, Notulen Seminar, Surat
Pernyataan Keoriginal Penelitian , Surat Keterangan Waktu Penelitian ,
Penyerahan PTK ke Perputakaan Sekolah).
Dan pertama bu
Rahmi ikut lomba KTI ( PTK) tahun 2013.
Saat penelitian dilaksanakan, beliau tidak punya target untuk menang. Yah...
hitung2 cari pengalaman.
Saat itu sedang gencar-gencarnya workshop-workshop tentang
Penulisan PTK dan Karya Ilmiah. Banyak guru pada penasaran bagaimana menulis
PTK.
Bagi bapak dan ibu guru yang ikut workshop ini kan juga
sama-sama jadi penulis hebat. Pada dasarnya kita juga bisa untuk menyusun PTK
asal ada kemauan yangkuat dan usaha yang sunggu-sungguh.
Adapun kalau untuk penulisan artikel ilmiah ketentuannya sebagai
berikut:
Untuk Penulisan Artikel Ilmiah
yang sedang ( 1500 -2000 kata ) kita bisa menuliskan dalam beberapa
Paragraf
-
Paragraf 1 (
berisi Pengantar dan Permasalahan )
-
Paragraf 2-10 (
Pembahasan dan Cara / Altenatif Pemecahan / Solusi )
-
Paragraf
ke 11 ( Kesimpulan )
-
Kertas
ukuran A4 3- 4 halaman dengan spasi 1,5
-
Jika
untuk Lomba tergantung permintaan panitia
Untuk artikel Ilmiah pendek 500 -1000 kata sdh bisa menjadi artikel
Ilmiah ( Jawa Pos )
Pada dasarnya kita bisa untuk menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
atau pun artikel ilmiah asal ada kemauan, ketekunan, dari diri si penulis itu.
Sebuah keberhasilan harus disertai usaha, semangat,
serta kerja keras. Terkadang jika kita mood menulis,
jika penyakit malas kambuh tidak
menulis lagi. Mulailah belajar
disiplin diri menulis setiap hari. Insya'allah kalau sudah terbiasa akan
enak, dan kecanduan untuk selalu menulis
dan menulis.
Kesimpulan:
- Kegiatan menulis itu membutuhkan pengetahuan dan keterampilan, untuk itu kita harus sering berlatih dan terus belajar supaya kita dapat menulis dengan baik dan hasilnya pun memuaskan
- Awalilah menulis apa-apa yang kalian sukai terlebih dahulu, untuk memacu seseorang mau menulis sampai menyukai / cinta menulis. Contoh menulis buku harian, cerpen, cerbung, atau novel,dst.
- Pada dasarnya semua guru bisa menulis, baik artikel ilmiah ataupun penelitian tindakan kelas, asal ada kemauan yang kuat dari penulis dan disertai usaha, semangat, dan kerja keras.
Ayo bikin ptk dan buat jurnal ilmiahnya
ReplyDeletePTK sedang proses Om Jay
Delete