Pertemuan ke-30
Hari / Tanggal: Kamis, 21 Mei 2020
Waktu:
Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri:
Agus Nggermanto (Paman Apiq)
Topik:
Dari Blogger menjadi Youtuber dan Mendapatkan Jutaan Rupiah Hanya dari Rumah.
Peresume:
Winarti, S. Pd.
Email:
winwinarti2401@gmail.com
BELAJAR MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN BERSAMA
PAMAN APIQ
Jangan takut belajar matematika, belajar
Matematika jadi menyenangkan bersama Paman Apiq.
Ingin kenal siapa
PAMAN APIQ? Silakan buka link berikut:
https://www.youtube.com/user/Paman APIQ/featured
Dan untuk lebih mengenal
beliau silakan buka link berikut: https//youtu.be/fSHiXOAjJFfl
Paman Apiq memulai
jadi blogger dengan wordpress gratisan sejak 2008 dengan alamat APIQQUANTUM.COM
Lalu 2012 semakin
aktif sebagi youtuber dengan beberapa canel
1.
youtube.com/pamanapiq
2.
youtube.com/edujiwa
apiQQuantum.com
Semua membahas
tentang pendidikan dan khususnya matematika kreatif dengan metode APIQ.
Lihatlah link berikut:
Memang jadi
youtuber lebih menggoda karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening.
Taksiran
penghasilan 1 canel beliau di atas sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan.
Berbagi ilmu
matematika sambil dapat bonus dolar, siapa yang tidak senang?
Tips jadi blogger dan youtuber
1. Gunakan program gratis.
Misalnya saya pakai wordpress dan youtube
2. Kembangkan
konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis
matematika.
3. Pelajari
statistik u improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik yg
berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.
Barangkali itu
pengantar dari Paman Apiq. Berikut ini akan diinfokan lebih lengkapnya.
AGUS NGGERMANTO :
Kenalkan Belajar Matematika Yang Asyik & Kreatif Melalui Paman APiQ.
Di balik sosoknya
yang rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika
yang ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ
(Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk
menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di
tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan
menyenangkan.
Agus Nggermanto,
kini akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar matematika dengan
metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa itu memanggilnya
dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas
Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama dengan hadirnya 3
karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti. Masing-masing
karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar, Geometri, dan
Aritmetika.
Istilah APiQ
sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun
1990-an ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB.
Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk
akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan
menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat
diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar
matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di
tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ
masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri
Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Agus sudah menjadi
guru sejak sekolah menengah dengan mengajar di kelompok-kelompok belajar siswa
SMA yang merupakan teman-teman sendiri. Ketika kuliah di ITB, Agus juga sambil
mengajar di lembaga bimbingan belajar untuk tingkat SMA, SMP, dan SD, serta
menjadi asisten dosen di kampus ITB sendiri. Selanjutnya, ia mengajar di
sekolah formal tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang sering ia
temukan kala itu adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep matematika
bahkan dengan konsep yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun terus
berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar matematika yang lebih memudahkan
siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih APiQ terus berkembang maju.
Setelah menemukan
metode APiQ, Agus lalu memulai membuka kursus APiQ dengan modal sendiri dan
bekerja sama dengan beberapa rekan. Kelas kursus APiQ berawal dari kota
Bandung, kemudian menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia.
Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan
cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi
senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai
matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke
pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.
Di APiQ Agus juga
mengembangkan game matematika orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan
oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal
ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game
orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun
juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para
siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu
ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa
percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Agus mengaku, sejak kecil ia sudah menyukai
matematika. Tetapi matematika sering menjadi korban fitnah, dianggap sebagai
mata pelajaran paling sulit dan menakutkan. Dan menurut Agus, kesan menakutkan
pada matematika itu bisa hilang bila siswa atau orangtua dapat langsung
mengalami asyiknya belajar matematika seperti di APiQ. Bahkan kini, banyak
orang dewasa yang mengatakan, mengapa mereka tidak mengenal APiQ dari dulu. Jadi,
sambung Agus, kita tidak bisa menghapus firnah matematika menakutkan hanya
dengan kata-kata manis saja. Tapi perlu memberikan bukti pengalaman nyata. Dan
itulah yang ia kerjakan di APiQ. Kini, banyak anak-anak dan orang dewasa yang
sudah mencicipi asyiknya matematika yang akhirnya membuat mereka ketagihan. Di
APiQ, rumus-rumus tidak harus dihafalkan dengan sulit. Siswa di APiQ justru
sering dengan gembira berhasil menemukan rumus sendiri yang bagi mereka lebih
mudah menghafalnya. Tetapi yang lebih penting adalah siswa-siswa itu bisa
mengikuti proses belajar matematika dengan pemahaman penuh gairah di APiQ.
Menurut Agus, memang banyak yang salah dengan
pengajaran matematika saat ini, sehingga menempel fitnah matematika itu
menakutkan. Tetapi kita tidak cukup menyalahkan pihak lain. Namun perlu
berpartisipasi dari titik berangkat masing-masing. Misalnya dengan mengeluarkan
metode APiQ, ia bisa berpartisipasi dengan mengenalkan cara belajar matematika
yang asyik dan kreatif untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan pra sekolah. Paman APiQ
juga menyelanggarakan pelatihan seminar matematika kreatif untuk para guru dan
orang dewasa. Pemerintah pun, dirasa Agus, juga perlu menyempurnakan kurikulum
yang lebih tepat untuk generasi Indonesia. Para pelaku pendidikan juga perlu
terus berkreasi untuk memperbaiki pendidikan matematika di Indonesia. Dan Agus
mengatakan, APiQ siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan
Indonesia.
Kini Agus memilih media Youtube untuk
memberikan edukasi, karena ia menganggap media Youtube merupakan media belajar
matematika yang efektif dan efisien. Siswa menjadi mudah memahami konsep
matematika kreatif APiQ melalui video multimedia Paman APiQ atau
www.youtube.com/agusyes. Hal ini karena video multimedia dilengkapi dengan
gambar, tulisan, suara dan gerakan atau animasi. Siswa juga dapat melakukan
interaksi tanya jawab bersama Paman APiQ. Video pertama Agus unggah sekitar
tahun 2008. Waktu itu masih sepi pengunjung. Tapi sekarang sudah ramai.
Tanggapan pertama saat video dirilis masih biasa-biasa saja. Mungkin, menurut
Agus, di tahun 2008 itu akses internet di Indonesia belum mudah. Tetapi
sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat sangat bagus. Trik khususnya
adalah, Agus menampilkan video yang memang dibutuhkan masyarakat dengan tampilan
konten yang menarik dan mudah dimengerti. Saat ini yang paling banyak ditonton
adalah tentang cara cepat berhitung pembagian, trik perkalian cepat, dan
berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Agus pun senang dengan tanggapan masyarakat.
Ini menunjukkan bahwa internet dapat dimanfaatkan untuk kepentingan positif
semisal belajar matematika bersama Paman APiQ. Masyarakat juga bisa langsung
berkonsultasi melalui media Youtube Paman APiQ dengan menuliskan komentar di
bawahnya. Dan bagi yang ingin lebih mendalam konsultasi dapat bergabung dengan
komunitas APiQ di www.APiQQuantum.com dan melalui media sosial seperti
www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.
Paman APiQ pun sudah berhasil meraih beberapa
prestasi. Antara lain mendapat kehormatan dengan diundang oleh Youtube
Indonesia (Google Indonesia) untuk menjadi narasumber di seminar pendidikan
nasional melalui Youtube. Paman APiQ sendiri dinilai oleh Youtube Indonesia
sebagai saluran pendidikan Indonesia yang prospektif. Demikian juga wordpress.com
memberikan beberapa penghargaan kepada APiQ. Sementara secara bisnis, franchise
APiQ memenangkan seleksi wirausaha franchise untuk masuk kategori waralaba
nasional. Sedangka siswa APiQ sendiri banyak yang berprestasi di sekolah sampai
tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan bahkan internasional
dalam ajang kompetisi Olimpiade Matematika.
Sampai saat ini, Agus masih fokus pada usaha
kursus matematika kreatif APiQ yang ia dukung dengan inovasi pada teknologi
multimedia. APiQ telah mengembangkan sistem belajar matematika online melalui
www.APiQQuantum.com. APiQ juga menawarkan beragam aplikasi di Android baik
berupa game matematika atau buku-buku matematika dengan cara belajar yang asyik
dan kreatif. Dan sekarang APiQ juga mengembangkan sistem franchise atau
waralaba, yang merupakan sistem usaha paling efektif saat ini. Adapun, kendala
yang masih Agus hadapi adalah karena usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya
memerlukan disiplin dan konsistensi tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat
diatasi dengan memperkuat konsistensi tim dan berpartisipasi aktif dengan
pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh APiQ Pusat. Selain tetap fokus pada
APiQ, Agus juga memiliki kesibukan tambahan sebagai narasumber di berbagai
seminar serta menulis. Agus juga memiliki hobi bulutangkis dan renang, dan ia
selalu berusaha menyediakan waktu khusus untuk hobi olahraga tersebut rutin
setiap pekannya.
Agus berpendapat, kita memang perlu konsisten
untuk membangun negeri tercinta ini sesuai kapasitas masing-masing. Dan
barangkali, ia memang sengaja memilih jalur pendidikan matematika untuk
berkontribusi memajukan negeri. Memang berat rasanya, tapi sepanjang proses itu
disyukuri, maka rasa berat itu menjadi lebih ringan. Dan Agus beruntung
memiliki keluarga yang mendukung perjuangannya untuk berkontribusi melalui
pendidikan matematika. Pun secara finansial, ia juga masih dapat menyesuaikan
berbagai macam hal kebutuhan untuk keluarganya, meskipun bila orang
membandingkan dengan kerja di perusahaan besar, tentu akan berbeda nilainya.
Agus adalah lulusan dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia, yaitu ITB. Dan
ia juga lulus dari salah satu jurusan terbaik yaitu Teknik Elektro ITB. Maka
sebetulnya ia sangat berpeluang untuk bekerja di perusahaan besar nasional atau
internasional. Tetapi ia lebih memilih mengabdi melalui dunia pendidikan untuk
negeri tercinta ini. Sampai saat ini, Agus dan keluarganya masih tetap hidup
sederhana. Bahkan bila seandainya ada fasilias berlimpah pun Agus tetap ingin
mengajari keluarganya untuk hidup sederhana, lebih banyak membantu sesama, dan
memilih hidup yang penuh makna. Dan Agus juga sangat bersyukur mendapatkan
tanggapan yang positif dari keluarga besarnya.
Alhamdulillah kita telah mendapatkan ilmu
yang luar biasa untuk belajar matematika yang menyenangkan. Selama ini banyak
anak yang merasa takut dan kesulitan belajar matematika, tetapi setelah belajar
dengan Paman Apiq, semua itu jadi berubah. Yang tadinya anak tidak mau belajar
matematika kini berbalik jadi senang belajar matematika dan jadi mudah
belajarnya serta suasana belajarnya pun jadi mengasyikan.
Ayo belajar Matematika dengan Paman Apiq
ReplyDeleteYa betul sekali, belajar matematika dengan Paman Apiq asyik dan menyenangkan.
DeleteYuk belajar matematika yg menyenangakn dan menjadi youtuber
ReplyDelete