Thursday, April 23, 2020

STRATEGI PEMASARAN BUKU


Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan ke-12
Hari / Tanggal: Kamis, 23 April 2020
Waktu: Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri: Agus Subardana, S.E., M.M.
Topik: Teknik Memasarkan Buku
Peresume: Winarti, S. Pd.             

STRATEGI PEMASARAN BUKU
Agus Subandana, S.E., M.M.
Website: http//penerbitandi.com/

Pada malam yang mulia  ini, kita akan mendapatkan materi  tentang “Teknik/Strategi Memasarkan Buku” yang disampaikan Pak Agus Subardana, S.E., M.M. Beliau seorang Director of Marketing Andi Publisher yang sangat handal.    Materi ini sangat penting dikuasai oleh anda yang akan menjadi penulis buku agar bukunya laku.

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak-anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Perkembangan industri penerbitan buku juga dipicu oleh alasan keuntungan (profit margin) yang relatif besar dibandingkan industri lainnya khususnya barang konsumsi. Saat ini terdapat 1 328 penerbit yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif sebanyak 711 penerbit, dan sisanya sudah tidak aktive lagi.

Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan. Jenis - jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis  jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . 

Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Berdasarkan faktor – faktor tersebut, terdapat dua strategi pemasaran buku, yaitu :

A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara.
1)    1. Pemasaran buku lewat Online
Strategi pemasaran buku yang efektif via online menyasar konsumen dari kalangan yang dikatakan mampu menguasai dan memanfaatkan internet. Pasar online didominasi oleh kalangan elite bisnis dan pengguna internet yang merupakan mahasiswa atau pelajar milenial. langkah awal dalam strategi ini adalah membuat website. 


Promosi Buku Melalui Website

Website merupakan media promosi yang memuat isi produk, harga, promosi, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Jenis media online yang dapat digunakan untuk promosi selain website adalah blog, channel youtube, instagram, facebook, dan WhatsApp.


        Tujuan pemasaran buku via online adalah :
  1.  Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
  2.  Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
  3. Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
  4. Menaikan penjualan dan profit
  5. Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
  6. Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  7. Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen


2)    2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Namun, kita perlu lebih pro aktif dan komunikatif sebagai anggota komunitas, Sehingga akan lebih banyak menarik perhatian anggota komunitas lainnya. Tips lainnya adalah bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan tujuan kita menulis. Misalnya : kita menulis dengan topik pendidikan, maka bergabunglah dengan komunitas guru, jika topik kita tentang kuliner, maka bergabunglah dengan komunitas kuliner.     

B.    3. Strategi pemasaran buku serangan darat / Offline
Langkah utama dalam strategi ini adalah pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1.   Toko Buku
Berdasarkan sistem administrasi dan tempat pemasaran, jenis toko buku terbagi menjadi 3 kelompok yaitu :
1). Toko Buku Modern, contohnya : Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
2). Toko Buku Semi Modern, biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko
3). Toko Buku Tradisional, biasanya sistem transaksinya masih manual . Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Berikut ini adalah Strategi Promosi di toko buku Modern yaitu :
·              Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol

Display Buku di Gramedia Store Pondok Indah Mall

·         Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
·         Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
·    Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
·      Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

  2.  Directselling
PemasaranBuku melalui Direct Selling ini kita petakan berdasarkan jenis kategori buku yang kita terbitkan. Jenis kategori buku penjualan lewat Direct selling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
·         Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
·         Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
·         Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis kategori tersebut diatas maka penerbit sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggung jawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas melakukan kunjungan langsung ke tiap sekolah, kampus, perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus dan perpustakaan daerah dengan tujuan membangun hubungan baik dengan dengan pihak internal sekaligus melakukan promosi dan pemasaran buku via offline. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

3.  Melakukan Event – Event
Aktif dalam melakukan event – event  seperti event pameran buku, dalam seminar, workshop, tryout, dan sebagainya.

Event Big Bad Wolf di Bandung

Kedua jenis strategi pemasaran buku ini, harus dilaksanakan secara beriringan untuk mendapatkan pasar yang semakin luas yang akan meningkatkan daya penjualan buku sehingga buku yang dipasarkan dapat laris di lapangan. Karena masing – masing strategi pemasaran pun mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Kelebihan dari strategi pemasaran via Serangan Darat / Offline adalah :
·     Lebih banyak menghasilkan karena langsung bertemu dengan konsumen apalagi pasar buku teks utama yang kita pasarkan.
·         Konsumen biasanya lebih senang tatap muka langsung dan dapat melihat sampel produknya.

 Kekurangan dari strategi pemasaran via Serangan Darat / Offline adalah:
·         Dibutuhkan tenaga penjual tentunya ada biaya operasional dan butuh waktu dalam follow up.

Adapun kelebihan dari strategi pemasaran serangan udara / online adalah:  
·         Bisa menekan biaya operasional, 
·         Informasi produk cepat sampai ke konsumen,
·         Promosi bisa tersebar secara masif lewat online ini.

 Kekurangan dari strategi pemasaran serangan udara / online adalah:
·         Konsumen di Indonesia belum terlalu percaya atas informasi produk yang diterima, 
·         Ada rasa takut barangnya tidak sesuai dengan pesanannya ,
·         Selain itu konsumen juga masih dikenai  ongkir .

Demikian uraian tentang strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang belum disampaikan , di lain waktu kita lanjutkan strategi pemasaran buku selanjutnya Terima kasih

Kesimpulan:
·         Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh:
-          Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
-          Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
·         Berdasarkan faktor – faktor tersebut, terdapat dua strategi pemasaran buku, yaitu :
-          Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara / Online
-          Strategi pemasaran buku serangan darat / Offline
·        Kedua jenis strategi pemasaran buku ini, harus dilaksanakan secara beriringan untuk  mendapatkan pasar yang semakin luas yang akan meningkatkan daya penjualan buku sehingga buku yang dipasarkan dapat laris di lapangan .
·     Strategi pemasaran buku yang efektif via online dan offline akan membantu penjualan buku kepada konsumen.
·   Diperlukan peran strategis penulis dalam bekerja sama dengan pihak penerbit agar buku yang ditulisnya dapat menjadi best seller dan mendatangkan keuntungan yang maksimal.





2 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih Om Jay telah memberi semangat semoga nanti bisa memenuhi harapan Om Jay.

      Delete