Belajar Menulis
Gelombang 9
Pertemuan
ke-12
Hari
/ Tanggal: Kamis, 23 April
2020
Waktu: Pukul 19.00 – 21.00
WIB
Pemateri: Agus Subardana, S.E.,
M.M.
Topik: Teknik Memasarkan Buku
Peresume: Winarti, S. Pd.
Email: winwinarti2401@gmail.com
STRATEGI
PEMASARAN BUKU
Agus
Subandana, S.E., M.M.
Website:
http//penerbitandi.com/
Pada
malam yang mulia ini, kita akan
mendapatkan materi tentang “Teknik/Strategi
Memasarkan Buku” yang disampaikan Pak Agus Subardana, S.E., M.M. Beliau seorang
Director of Marketing Andi Publisher yang sangat handal. Materi
ini sangat penting dikuasai oleh anda yang akan menjadi penulis buku agar
bukunya laku.
Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini, anak-anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam
rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi
khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud
dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan
pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat
terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Perkembangan
industri penerbitan buku juga dipicu oleh alasan keuntungan (profit margin)
yang relatif besar dibandingkan industri lainnya khususnya barang konsumsi.
Saat ini terdapat 1 328 penerbit yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit
Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif sebanyak 711 penerbit, dan
sisanya sudah tidak aktive lagi.
Dalam
rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup
dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan. Jenis - jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis jenis katagori buku tersebut disinilah kita
akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang
diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan
berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Strategi
pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum,
teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Berdasarkan faktor – faktor tersebut, terdapat
dua strategi pemasaran buku, yaitu :
A. Strategi Pemasaran Buku
Serangan Udara.
1) 1. Pemasaran
buku lewat Online
Strategi pemasaran buku yang efektif via online menyasar konsumen dari kalangan yang
dikatakan mampu menguasai dan memanfaatkan internet. Pasar online didominasi
oleh kalangan elite bisnis dan pengguna internet yang merupakan mahasiswa atau
pelajar milenial. langkah awal dalam strategi ini adalah
membuat website.
![]() |
Promosi
Buku Melalui Website
|
Website merupakan media promosi yang
memuat isi produk, harga, promosi, layanan, alamat, testimoni, dan lain
sebagainya. Jenis media online yang dapat digunakan untuk promosi selain
website adalah blog, channel youtube, instagram, facebook, dan WhatsApp.
Tujuan pemasaran buku via online adalah :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
2) 2. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Penjualan lewat komunitas akan
lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi
penjualan buku yang kita tawarkan. Namun, kita perlu lebih pro aktif dan
komunikatif sebagai anggota komunitas, Sehingga akan lebih banyak menarik
perhatian anggota komunitas lainnya. Tips lainnya adalah bergabunglah dengan
komunitas yang sesuai dengan tujuan kita menulis. Misalnya : kita menulis
dengan topik pendidikan, maka bergabunglah dengan komunitas guru, jika topik
kita tentang kuliner, maka bergabunglah dengan komunitas kuliner.
B. 3. Strategi
pemasaran buku serangan darat / Offline
Langkah utama dalam strategi ini
adalah pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan
berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko
Buku
Berdasarkan sistem administrasi dan tempat
pemasaran, jenis toko buku terbagi menjadi 3 kelompok yaitu :
1). Toko Buku Modern, contohnya : Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
2). Toko Buku Semi Modern, biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko
3). Toko Buku Tradisional, biasanya sistem transaksinya masih manual . Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
1). Toko Buku Modern, contohnya : Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
2). Toko Buku Semi Modern, biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko
3). Toko Buku Tradisional, biasanya sistem transaksinya masih manual . Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Berikut
ini adalah Strategi Promosi di toko buku Modern yaitu :
·
Menguasai display buku ,
supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol
![]() |
Display
Buku di Gramedia Store Pondok Indah Mall
|
·
Mengadakan promosi di internal toko dengan
memasang produk di Neon Box, X Banner
·
Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan
Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
· Mengadakan event tematik sesuai moment bulan
berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
· Dan masih banyak lagi program promosi di toko
buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan
pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2. Directselling
PemasaranBuku melalui Direct Selling ini kita petakan berdasarkan jenis
kategori buku yang kita terbitkan. Jenis kategori buku penjualan lewat Direct
selling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
·
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan
buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
·
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata
kualiah
·
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP,
SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis kategori tersebut diatas
maka penerbit sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran
dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita
beri tanggung jawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas
melakukan kunjungan langsung ke tiap sekolah, kampus, perpustakaan sekolah,
perpustakaan kampus dan perpustakaan daerah dengan tujuan membangun hubungan
baik dengan dengan pihak internal sekaligus melakukan promosi dan pemasaran
buku via offline. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3. Melakukan Event – Event
Aktif dalam melakukan event –
event seperti event pameran buku, dalam seminar, workshop, tryout,
dan sebagainya.
![]() |
Event
Big Bad Wolf di Bandung
|
Kedua jenis strategi pemasaran buku ini, harus dilaksanakan secara beriringan untuk mendapatkan pasar yang semakin luas yang akan meningkatkan daya penjualan buku sehingga buku yang dipasarkan dapat laris di lapangan. Karena masing – masing strategi pemasaran pun mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.
Kelebihan
dari strategi pemasaran via Serangan Darat / Offline adalah :
· Lebih banyak menghasilkan karena langsung
bertemu dengan konsumen apalagi pasar buku teks utama yang kita pasarkan.
·
Konsumen biasanya lebih senang tatap muka
langsung dan dapat melihat sampel produknya.
Kekurangan dari strategi pemasaran via
Serangan Darat / Offline adalah:
·
Dibutuhkan tenaga penjual tentunya ada biaya
operasional dan butuh waktu dalam follow up.
Adapun
kelebihan dari strategi pemasaran serangan udara / online adalah:
·
Bisa menekan biaya operasional,
·
Informasi produk cepat sampai ke konsumen,
·
Promosi bisa tersebar secara masif lewat
online ini.
Kekurangan
dari strategi pemasaran serangan udara / online adalah:
·
Konsumen di Indonesia belum terlalu percaya
atas informasi produk yang diterima,
·
Ada rasa takut barangnya tidak sesuai dengan
pesanannya ,
·
Selain itu konsumen juga masih
dikenai ongkir .
Demikian
uraian tentang strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi
strategi pemasaran buku yang belum disampaikan , di lain waktu kita lanjutkan
strategi pemasaran buku selanjutnya Terima kasih
Kesimpulan:
·
Strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh:
-
Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok,
pesaing dan masyarakat.
-
Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
·
Berdasarkan faktor – faktor tersebut, terdapat
dua strategi pemasaran buku, yaitu :
-
Strategi Pemasaran
Buku Serangan Udara / Online
-
Strategi pemasaran
buku serangan darat / Offline
· Kedua jenis strategi pemasaran buku ini, harus
dilaksanakan secara beriringan untuk mendapatkan
pasar yang semakin luas yang akan meningkatkan daya penjualan buku sehingga
buku yang dipasarkan dapat laris di lapangan .
· Strategi pemasaran buku yang efektif via online dan
offline akan membantu penjualan buku kepada konsumen.
· Diperlukan peran strategis penulis dalam bekerja sama
dengan pihak penerbit agar buku yang ditulisnya dapat menjadi best seller dan
mendatangkan keuntungan yang maksimal.
Ayo pasarkan bukumu!
ReplyDeleteTerima kasih Om Jay telah memberi semangat semoga nanti bisa memenuhi harapan Om Jay.
Delete