BAB
I
TEKS
LAPORAN PERCOBAAN
KD:
3.9 Mengidentifikasi laporan dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah mempelajari
materi ini, siswa diharapkan mampu untuk memahami pengertian teks laporan
percobaan, memahami ciri-cirinya, dan
fungsi dari teks laporan percobaan.
Pengertian
Teks Laporan Percobaan
Teks laporan percobaan
adalah suatu teks yang berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil
percobaan.
Biasanya teks seperti
ini digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan
praktikum.
Tujuan teks laporan
hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil
percobaan yang telah dibuat.
Ciri-ciri
Teks Laporan Percobaan
- Berupa Fakta: Hasil yang disampaikan dalam teks laporan percobaan benar-benar sudah dilakukan dan kalimatnya pun harus berupa fakta yaitu kalimat yang kebenarannya tidak dapat dibantah lagi.
- Lengkap: Kita harus menyampaikan semua informasi secara lengkap dan jelas dalam teks laporan percobaan supaya pembaca dapat mengerti secara utuh dan dapat mengambil manfaatnya.
- Objektif: Kita dalam menyampaikan informasi atau data harus sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya.
Apabila hasil dari suatu percobaan tidak
sesuai dengan hipotesis maka sampaikan apa adanya sesuai hasil percobaan yang dilakukan.
Fungsi
Teks Laporan Percobaan
- Sebagai sumber informasi: Menjadikan sumber informasi yang akurat dan terpercaya karena disusun berdasarkan dengan data dan fakta.
- Sebagai bukti: Teks laporan percobaan juga bisa dijadikan bukti.
- Untuk dokumentasi: Menjadikan sarana untuk mendokumentasikan hasil kegiatan observasi
- Pemecahan masalah: Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan masalah
- Pertanggungjawaban: Memberitahukan atau menjelaskan laporan pertanggung jawaban dari sebuah tugas atau kegiatan pengamatan (observasi).
KD:
4.9 Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
yang didengar dan dibaca
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari
materi ini, siswa diharapkan mampu menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah,
dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan dibaca.
Cara menyimpulkan teks
dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Membaca atau mendengarkan teks: Membaca atau mendengarkan teks asli dilakukan berulang kali untuk mengetahui kesan umum dan maksud dari penulis.
- Menetukan kalimat utama: Dengan menentukan kalimat utama, kita dapat menyimpulkan isi sebuah teks.
- Membuat kesimpulan: Setelah menentukan kalimat utama atau inti dari paragraf, susunlah kalimat dengan baik agar dapat menjadi sebuah kesimpulan yang benar.
Soal
Latihan
- Apakan tayangan video tadi termasuk laporan percobaan dan berikan alasannya!
- Simpulkan apakah dalam tayangan video tersebut sudah terdapat struktur isi teks laporan percobaan, berilah penjelasannya!
KD:
3. 10 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang
didengar atau dibaca.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari
materi ini, siswa diharapkan mampu untuk menelaah struktur dan kebahasaan dari teks
laporan yang didengar dan dibaca.
Struktur
Isi Teks Laporan Percobaan
- Judul: Tulislah judul dari percobaan yang akan dilakukan.
- Tujuan: Berisi sasaran atau sesuatu yang ingin dicapai dalam percobaan tersebut.
- Bahan dan alat: Berisi daftar semua bahan dan alat yang akan digunakan dalam percobaan tersebut.
- Langkah-langkah kegiatan: Berisi urutan langkah demi langkah secara jelas dalam percobaan tersebut.
- Hasil percobaan: Berisi hal-hal penting yang terjadi dalam percobaan tersebut atau sesuatu yang diperoleh setelah melakukan percobaan.
- Kesimpulan: Berisi hasil akhir setelah percobaan percobaan dilakukan.
Kebahasaan
Teks Laporan Percobaan
Ciri kebahasaan teks
laporan percobaan
1.
Terdapat kalimat aktif
Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya
melakukan pekerjaan.
Contoh: Anita sedang memetik bunga
di taman.
S P O K Tempat
Beberapa jenis kalimat
aktif antara lain:
a.
Kalimat aktif transitif
Kalimat aktif transitif yaitu kalimat aktif
yang predikatnya membutuhkan kehadiran objek.
Contoh: Andi sedang memetik mangga
di kebun.
S P O K. Tempat
b.
Kalimat aktif intransitif
Kalimat aktif intrasitif adalah kalimat
aktif yang predikatnya tidak membutuhkan kehadiran
objek.
Contoh: Anton sedang bermain sepak
bola.
S P Pelengkap
2.
Menggunakan kata tugas
Kata tugas merupakan
kata hubung. Contohnya: dan, tetapi,
sementara itu, sedangkan, selanjutnya, yaitu, dan lain-lain.
Contoh: Kita gunting
bahan selanjutnya tempelkan pada kertas.
3. Menggunakan kalimat
definisi
Kalimat definisi yaitu kalimat
yang menyatakan makna atau suatu batasan atau arti.
Contoh: Zat besi adalah
suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang
diperlukan.
4.
Menggunakan kata teknis
Kata teknis atau peristilahan
yang berkenaan dengan topik yang dibahas.
Contoh dalam teks
laporan zat besi, menggunakan kata teknis enzim,
anemia, hemoglobin, myoglobin, dan lain-lain.
5.
Terdapat penulisan kata serapan
Kata serapan adalah
kata-kata yang berasal dari bahasa asing atau bahasa daerah, lalu digunakan
dalam bahasa Indonesia.
Contoh:
Istilah Asing
|
Hasil Serapan
|
oxygen
|
oksigen
|
amputation
|
amputasi
|
energy
|
energi
|
horizon
|
horison
|
enzim
|
enzim
|
6. Terdapat sinonim dan antonim
Sinonim atau persamaan
kata adalah kata-kata yang memiliki bentu berbeda, tetapi mempunyai makna yang
sama atau mirip.
Contoh: cerdas = pintar
= pandai
Antonim atau lawan kata
adalah kata-kata yang maknanya saling berlawanan satu sama lainnya.
Contoh: rajin ><
malas
7.
Terdapat kalimat majemuk
Kalimat majemuk adalah
kalimat yang memiliki lebih dari satu kalimat tunggal.
Jenis-jenis kalimat
majemuk:
a. Kalimat majemuk setara
yaitu kalimat yang tersusun dari dua kalimat tunggal atau lebih, yang kedudukannya setara atau sejajar.
Contoh: Arman memetik mangga dan
Intan mengupasnya.
b. Kalimat majemuk bertingkat
yaitu kalimat yang tersusun dari gabungan dua kalimat tunggal atau lebih yang kedudukannya
tidak sama, ada yang sebagai induk kalimat dan ada yang sebagai anak kalimat.
Contoh: Ketika saya pulang
sekolah, ayah sedang membaca koran.
Induk kalimat anak kalimat
c. Kalimat majemuk campuran
yaitu gabungan antara kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.
Contoh: Ketika saya pulang sekolah,
ibu sedang menggoreng pisang dan ayah sedang membaca koran.
d. Kalimat majemuk rapatan yaitu kalimat
yang merupakan gabungan beberapa kalimat tunggal yang karena subjek, predikat atau
objeknya sama, maka bagian yang sama hanya disebutkan sekali.
Contoh: Pekerjaannya hanya makan, main,
dan tidur.
8.
Menggunakan kata rujukan
Kata rujukan adalah
kata yang merujuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya.
Contoh: Tanaman kedelai
merupakan tanaman palawija. Tanaman kedelai merupan pengganti
tanaman padi sebagai
bahan dasar makanan pokok.
9. Menggunakan kalimat perintah
Contoh: Siapkan bahannya
atau kainnya kemudian guntinglah sesuai polanya!
10.
Menggunakan kata bilangan
Kata bilangan adalah
kata yang menyatakan jumlah. Kata bilangan dibedakan menjadi 2 yaitu:
a. Kata bilangan utama
contoh: satu, dua, tiga, dan seterusnya
b. Kata bilangan
tingkat
contoh: kesatu,kedua, ketiga, dan
seterusnya.
KD: 4. 10. Menyajikan
tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, dan hasil percobaan secara tulis dan
lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan.
Langkah-langkah
menyajikan atau membuat teks laporan percobaan:
- Membuat judul laporan percobaan.
- Menyusun kalimat pembukaan berisi tujuan, alat dan bahan.
- Menyusun isi laporan percobaan mengenai proses yang berisi langkah-langkah di dalam percobaan.
- Menulis kalimat penutup yang berisi hasil dan kesimpulan dari percobaan tersebut.
Materi yang dipaparkan mudah di mengerti dan lengkap👍
ReplyDeleteSemoga bermanfaat ya, terima kasih.
Delete